Pengertian sedimentasi dan Banjir serta dampak-dampak banjir

Pengertian Sedimentasi

Sedimentasi adalah masuknya muatan sedimen ke dalam suatu lingkungan perairan tertentu melalui media air dan diendapkan di dalam lingkungan tersebut. Sedimentasi yang terjadi di lingkungan pantai menjadi persoalan bila terjadi di lokasi-lokasi yang terdapat aktifitas manusia yang membutuhkan kondisi perairan yang dalam seperti pelabuhan, dan alur-alur pelayaran, atau yang membutuhkan kondisi perairan yang jernih seperti tempat wisata, ekosistem terumbu karang atau padang lamun. Untuk daerah-daerah yang tidak terdapat kepentingan seperti itu, sedimentasi memberikan keuntungan, karena sedimentasi menghasilkan pertambahan lahan pesisir ke arah laut.

 

Pengertian Banjir.

Banjir merupakan fenomena alam yang biasa terjadi di suatu kawasan yang banyak dialiri oleh aliran sungai. Secara sederhana banjir dapat didefinisikan sebagainya hadirnya air di suatu kawasan luas sehingga menutupi permukaan bumi kawasan tersebut.

Penyebab banjir – Diantara beberapa penyebab banjir adalah:
1. Ilegal Loging (Penebangan hutan liar)
2. Bertumpuknya sampah pada saluran air, sehingga terjadi penyumbatan pada saluran air.
3. Kurangnya kesadaran masyarakat untuk melakukan penanaman kembali pada daerah / hutan hutan yang baru di tebangi.
4. Tidak adanya lagi tanah resapan untuk digunakan air sebagai tempat baginya beristirahat dikala hujan turun. tidak ada lagi lahan hijau sebagai tempat resapan air tanah. akibatnya, ketika hujan tiba, tanah menjadi tergerus oleh air dan kemudian air terus meluncur tanpa adanya penghalang alami yang kemudian menyebabkan banjir. dan masih banyak lagi penyebab-penyebab banjir yang lainya.

Kampung Melayu Banjir terbesar di Jakarta

November 11, 2008

Pada hari ini ketinggian air di wilayah  kampung Melayu  mencapai pinggang orang dewasa.

Di wilayah RW 02 sebanyak 15 RT dari 17 RT yang ada telah terendam banjir. Banjir sudah terjadi sejak malam tadi. Banjir diperkirakan terjadi karena debet air di Pintu Air Katulampa, Bogor dan Depok meningkat.

Air mulai masuk rumah warga pukul 24.00 WIB. Puncaknya pada pukul 05.00 WIB pagi, air mulai meninggi hingga sepinggang. Sebelumya warga sudah diperingatkan akan adanya banjir besar.

Walaupun rumah mereka tergenang banjir, warga tetap bertahan di rumah masing-masing. warga setempat tidak meninggalkan rumah untuk mengungsi. Rata-rata rumah di daerah itu berlantai dua sehingga mereka bisa bertahan di lantai atas rumah mereka.

Posko bantuan telah disiapkan namun belum ada bantuan di posko itu. Warga pun masih memilih bertahan di rumah masing-masing.

DAMPAK BANJIR

Dampak primer

Dampak sekunder

  • Persediaan airKontaminasi air. Air minum bersih mulai langka.
  • Penyakit – Kondisi tidak higienis. Penyebaran penyakit bawaan air.
  • Pertanian dan persediaan makanan – Kelangkaan hasil tani disebabkan oleh kegagalan panen. Namun, dataran rendah dekat sungai bergantung kepada endapan sungai akibat banjir demi menambah mineral tanah setempat.
  • Pepohonan’ – Spesies yang tidak sanggup akan mati karena tidak bisa bernapas.
  • Transportasi – Jalur transportasi hancur, sulit mengirimkan bantuan darurat kepada orang-orang yang membutuhkan.

Dampak tersier/jangka panjang

  • Ekonomi – Kesulitan ekonomi karena penurunan jumlah wisatawan, biaya pembangunan kembali, kelangkaan makanan yang mendorong kenaikan harga, dll.

Cara penanggulangan banjir :

  1. Secara non tehnik structural
    • Pembuatan peraturan daerah tentang penguasaan lahan dan peraturan daerah tentang daerah dataran banjir serta garis sepadan sungai.
    • Pelaksanaan tindakan rehabilitasi lahan menggunakan kaidah-kaidah konservasi tanah dan air guna memperkecil aliran permukaan.
    • Pengaturan penggunaan lahan untuk mengantisipasi pembangunan ataupun pemanfaatan daerah dataran banjir.
    • Pengaturan penambangan galian C (pasir dan batu) agar pengelolaanya berwawasan lingkungan (khusus Palu dan Donggala).
    • Perlunya sosialisasi masalah banjir dan akibat yang ditimbulkan, sehingga diharapkan aktifitas masyarakat yang bermukim disekitar daerah pengaliran dapat berwawasan lingkungan.
  2. Secara tehnik structural
    • Pembuatan kolam retensi dan atau sumur resapan diseluruh kawasan perkebunan, pertanian, pemukiman, perkantoran, perkotaan dan pedesaan
    • Pembuatan jembatan dirancang dengan panjang dan tinggi maksimal untuk kelancaran aliran air dalam volume besar (Khusus DAS).

Dampak Banjir Bagi Kesehatan

Banjir yang terjadi setiap tahun di sebagian wilayah di Indonesia tentu mengakibatkan kerugian yang cukup besar. Tak hanya kerugian material. Wabah penyakit pun senantiasa mengancam masyarakat. Banjir bisa menyebabkan kerusakan lingkungan karena keseimbangan ekologis antarmakhluk hidup terganggu.

Keseimbangan ekosistem bisa terganggu dengan adanya banjir dan bisa berdampak buruk bagi manusia. Misalnya, jika sebelum banjir manusia mengambil manfaat banyak dari suatu sumber air, dengan adanya banjir mereka tidak lagi bersikap tenang dalam menjalani kehidupan seperti biasanya. Rantai peredaran sumber daya menjadi kacau, dan sistem peredaran makanan dan pernapasan pun menjadi terganggu.

Kuman-kuman penyakit menular oleh banjir akan lebih luas disebarkan oleh kuman dalam air (water born disease), cacing yang membahayakan manusia juga akan berkembang biak secara leluasa. Kehidupan makin sukar karena transportasi menjadi terhalang, harta lenyap, sehingga kondisi manusia dan lingkungan berubah. Inilah sebenarnya yang dinamakan gangguan keseimbangan ekosistem.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa air sangat erat kaitannya dengan kesehatan manusia. Artinya, air yang telah tercemar dan tidak memenuhi persyaratan menimbulkan berbagai gangguan kesehatan. Kaitan air dengan penyebaran penyakit akibat banjir, meliputi (1) Water born mechanism, yaitu mekanisme penularan penyakit infeksi disebabkan karena kualitas air tidak memenuhi persyaratan bakteriologis. Dalam air tersebut terdapat kuman infeksi, seperti penyakit gastroenteritis, typhus, cholera, dan hepatitis

. (2) Water washed mechanism, yaitu mekanisme penularan penyakit infeksi disebabkan karena jumlah air yang diperlukan untuk kebersihan tidak memadai/kurang. Contohnya, untuk keperluan mencuci peralatan masak dan personal higienis.

(3) Water based mechanism, yaitu mekanisme penularan penyakit infeksi berada pada binatang perantara yang hidup dalam air, dan (4) Water related vector mechanism, yaitu mekanisme penularan penyakit disebabkan karena serangga (pembawa penyakit) yang hidup dalam air, seperti malaria atau demam berdarah.

Hal ini jelas akan membentuk banyak ancaman terhadap keberadaan manusia. Ini pula yang menyebabkan pencemaran lingkungan hidup, karena banjir sedikit banyak disebabkan pula oleh manusia sendiri yang tidak bijaksana dalam menata dan mengelola lingkungan hidupnya. Luapan air hujan akibat banjir, akan menimbulkan berjangkitnya wabah penyakit, seperti diare, penyakit kulit, demam berdarah dan lain-lain. Dengan luapan air yang kotor dan tercemar, terutama oleh buangan limbah industri akan mengakibatkan gangguan psikis akibat polutan (bahan pencemar) dari buangan limbah tersebut.

Daftar Pustaka

(http://arielaut.wordpress.com/2010/04/21/proses-sedimentasi-yang-terjadi-pada-muara-sungai-cimanuk-indramayu/)

(http://202.169.46.231/News/2005/01/30/Kesehata/kes02.htm)

(http://radheika.wordpress.com/2011/05/19/kajian-masalah-banjir-dan-dampak-negatif-yang-ditimbulkan-di-kabupaten-donggala/)

(http://id.wikipedia.org/wiki/Banjir#Dampak_primer)

(http://korangua.wordpress.com/2008/11/11/kampung-melayu-banjir-terbesar-di-jakarta/)

(http://www.g-excess.com/499/pengetahuan-penyebab-banjir/)

(http://wahyuancol.wordpress.com/2009/03/23/banjir-1-pengertian-penyebab/)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: