Cara Berbicara Baik dalam memimpin rapat

Dalam rapat kita sering sekali merasa ‘nervous’ atau gugup dalam memimpin sebuah rapat atau menjadi anggota rapat. terkadang dalam sidang kelulusan mahasiswa, hal ini sering terjadi. Dalam rapat bagi sebagian orang jarang sekali menggunakan bahasa tubuh, padahal bahasa tubuh dapat menjadi nilai tambahan tersendiri. Pada mulanya orang yang tidak biasa maju kedepan (mungkin saat mahasiswa itu masih bersekolah baik SD,SMP,ataupun SMA) otomatis dia tidak biasa untuk memimpin sebuah rapat, tapi bagi sebagaian orang yang berpengalaman itu akan menjadi hal mudah saat sidang nanti. perasaan ‘nervous’ inilah yang menghambat seseorang untuk tampil kedepan. banyak perusahaan yang mencari lulusan mahasiswa yang dapat berkomunikasi dengan baik, dan hal ‘nervous’ ini harus dihilangkan dari kehidupan mahasiswa bahkan mulai dilatih saat dia menjadi siswa kelas satu SMP atau saat menjadi mahasiswa angkatan tingkat satu.

Ada beberapa hal yang dilakukan sehingga orang tidak gugup saat memipin sebuah rapat atau menjadi anggota rapat atau saat sidang kelulusan:

1) Seseorang harus yakin pada kemampuannya dan percaya bahwa dirinya dapat berbicara didepan orang. kalau masih gugup bayangkan saja anda berada di ruang yang sepi, maksudnya berbicara kepada diri sendiri. kalau takut pada kesepian bayangkan saja anda berbicara kepada orang yang paling anda percaya misalnya orangtua.

2) Seseorang harus menguasahi bidang yang anda bawakan saat berpidato. menguasahi bidang yang anda bawakan akan menambah rasa percaya diri anda.

3) Anda harus memperhatikan jeda yang sudah anda buat. Jeda dibuat singkat dengan menggunakan tanda titik (.) atau tanda koma (,).  anda harus memperhatikan bagian ini karena kalau banyak jeda yang anda buat dan itu tidak bervariasi maka orang yang mendengarkan anda akan merasa bosan bahkan membuat mereka tidur, jadi hati-hati, yah. fungsi jeda adalah untuk menenangkan hati anda (sorry kalau fungsinya diberikan pada akhir kalimat)

4) Sesering munkin anda menggunakan anggota tubuh anda, supaya orang yang mendengarkan anda tidak bosan. anggota tubuh yang anda saat memimpin sebuah rapat adalah penapilan,aneka gerakan tangan, gerakan anggota tubuh, pemakaian alat-alat bantu pembicaraan,dan perpidahan tempat (Sesuai kebutuhan). kalau anda malu mengunakan anggota tubuh anda, bayangkan anda sedang menari bersama pacar anda atau saat mendapatkan surat cinta, itu mudah kok :D

5) Semulai kegiatan lebih baik dimulai dengan berdoa. Dengan berdoa, anda mendapatkan ketenangan hati yang membuat anda tidak gugup.

Semoga tips-tips diatas dapat membantu anda supaya anda dalam memimpin rapat. kalau masih bingung hubungi saya dengan via e_mail: gracellyavalentina@yahoo.co.id.

Dikutip dari buku “Dimensi-dimensi Kebahasaan Aneka Masalah Bahasa Indonesia Terkini”

penulis: Dr.R.Kunjana Rahardi, M.hum

penerbit: Erlangga

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: